Senin, 22 Februari 2016

Tanda Kuku Yang Mengungkap Kesehatan Tubuh Seseorang

Mungkin bagi kebanyakan wanita pasti sering memberikan perhatian yang lebih pada kuku – kuku mereka. Seperti memberikan warna – warna cantik dan sentuhan art yang menarik lainnya. Tapi tahukah anda ternyata warna yang muncul secara alami pada kuku dapat menjadi pertanda yang kurang baik pada kesehatan tubuh seseorang.

Nah berikut ini adalah 9 tanda kuku yang patut di waspadai bagi kesehatan :


1. Garis Kecoklatan

Kuku dengan tanda garis coklat mengidentifikasi bahwa adanya melancoma dalam tubuh seseorang. Melancoma adalah salah satu jenis kanker kulit yang paling serius . apabila kuku muncul garis coklat sebaiknya segeralah untuk mengonsultasikannya pada dokter.

2. Garis Putih

Kemunculan garis – garis horisontal pada kuku merupakan pertanda bahwa kuku tidak tumbuh dengan sempurna. Hal ini bisa disebabkan karena adanya gangguan kuku yang kurang mendapatkan nutrisi yang baik. Apabila terjadi seperti ini, sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk memastikan bahwa tubuh kamu mendapatkan jumlah nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Garis Kasar

Jika pada kuku terdapat garis – garis kasar yang menumpuk, hal ini merupakan pertanda dari efek samping terjadinya penuaan. Apabila kuku yang kasar ini muncul warna biru, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk memastikan tidak adanya suatu bahaya yang mengancam kesehatan tubuh anda.

4. Kuku Cekung

Jika seseorang memiliki tekstur kuku yang cekung, bisa jadi anda menderita anemia. Segeralah untuk memnuhi asupan zat besi pada tubuh anda.

5. Kuku Kering dan Rapuh

Kuku kering dan rapuh mungkin memang sudah menjadi hal yang biasa. Hal tersebut terjadi hanya sesekali saja, bisa jadi ini terjadi karena faktor eksternal seperti  beraktivitas terlalu lama dalam air.  akan tetapi menjadi hal yang berbeda jika kuku seseorag menjadi terlalu sering rapuh, segeralah konsultasikan pada dokter.


6. Kuku berwarna putih

Jika kamu memiliki kuku yang berwarna putih hampir semua bagian kuku,  bisa jadi pertanda bahwa ada yang tidak beres pada bagian organ tubuh. Karena kuku yang berwarna putih merupakan pertanda adanya penyakit hati dan gagal ginjal.

7. Garis merah

Jika kuku anda memiliki garis merah seperti bekas luka terbanting sebaiknya anda perlu berhati – hati. Tanda seperti itu bisa jadi kondisi jantung anda ada yang tidak beres. Adanya infeksi pada jantung atau endokarditis, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.

8. Kuku penyok

Kuku penyok merupakan gejala psoriasis, yaitu kondisi kronis pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan bersisik.

9. Kuku bulat dan melengkung

Kuku yang bulat dan melengkung adalah pertanda clubbing., yaitu adanya masalah pada paru – paru yang menyebabkan kadar oksigen lebih rendah dari kadar normal dalam darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar