Senin, 22 Februari 2016

Fakta Menarik Kebiasaan Menggigit Kuku


Menggigit kuku merupakan salah satu kebiasaan yang tanpa disadari sering dilakukan oleh orang. Kebiasaan menggigit kuku (Onychophagia) biasanya banyak dilakukan saat orang merasa tegang, panik, ketakutan atau bahkan saat moodnya tidak baik.

Biasanya orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku dilatarbelakangi karena perasaan tegang. Namun ada sebuah fakta yang cukup menarik adalah orang dengan kebiasaan menggigit kuku untuk mengatasi kecemasan dan ketegangannya. Kebiasaan menggigit kuku pada umumnya muncul pada masa kanak – kanak yang dapat berlanjut hingga usia dewasa. 

Apa penyebab seseorang sering menggigit kuku ?


Pada umumnya pemicu seseorang menggigit kuku adalah karena orang tersebut sedang merasa tegang, gelisah, stress atau bisa juga karena kebosanan. Bagi mereka yang sering melakukan kebiasaan ini, kebiasaan seperti ini dianggap sebagai cara yang ampuh untuk mengatasi rasa kecemasan, kepanikanm dan ketegangan yang sedang dialami. Sedangkan penyebab lainnya adalah karena seseorang merasa kesepian, frustasi atau mungkin karena faktor genetik yang di turunkan.

Selain hal itu, keadaan yang paling parah adalah  mereka juga mempunyai kebiasaan yang tak wajar seperti terlalu sering mencuci tangan mereka secara berulang – ulang, meskipun kedua tangannya tidak kotor. Dimana hal itu merupakan bagian dari reaksi atas kekhawatiran dan kecemasan yang berlebih yang terjadi pada seseorang. Tidak hanya itu saja, riset juga menunjukan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan seperti itu ternyata memiliki gangguan perilaku dan konsentrasi yang hiperaktif, ketakutan untuk berpisah dan memiliki sifat pembangkang.

Apa Akibat Yang Ditimbukan Dari Kebiasaan Menggigit Kuku?


Pada saat seseorang menggigit kuku, sebenarnya bukan hanya kuku saja yang di gigit, melainkan juga menggigit kutikula dan jaringan kulit yang terdapat pada area kuku. Namun hal ini dianggap sebagai kebiasaan yang dapat melukai diri sendiri.

Kebiasaan seseorang menggigit kuku ternyata juga tak baik untuk gigi. Karena seringnya mengigit kuku membuat gigi menjadi mudah tanggal.Tidak hanya melukai diri sendiri, kebiasaan menggigit kuku akan membuat jari menjadi merah, berdarah dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya infeksi, virus dan bakteri yang menempel pada kuku dapat berpindah ke mulut. Hal ini akan cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh seseorang. 


Bagaimana Cara Menghentikannya?

  • mengolesi kuku dengan sesuatu yang pahit. Cara ini dianggap cukup ampuh dilakukan pada anak – anak untuk mencegah agar kebiasaan itu tidak berlanjut sampai dewasa.
  • untuk wanita yang sudah terlanjur memiliki kebiasaan ini. Jika memiliki dana yang cukup, sebaiknya melakukan perawatan kuku seperti manicure. Karena dengan cara ini, apabila anda melihat kuku yang indah dan terawat maka akan merasa enggan untuk merusaknya. Secara perlahan, cara ini akan membuat seseorang mengurangi kebiasaan buruknya.
  • menggunakan perban atau plaster pada kuku tangan. Mungkin metode ini terdengar aneh, namun kebanyakan orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku yang sudah mencoba cara ini menganggap bahwa cara ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengurangi kebiasaan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar