Selasa, 23 Februari 2016

MENGETAHUI 5 PENYEBAB MATA MINUS


Mata minus merupakan gangguan penglihatan yang terjadi akbibat terjadinya kesalahan umum pada mata yang membuat seseorang sulit untuk melihat dengan jelas dan fokus pada objek yang jauh. Seseorang yang mengalami gejala mata minus akan dapat melihat benda atau objek dekat dengan jelas, tapi pada saat melihat objek yang jauh penglihatannya akan menjadi buram.

Biasanya gejala mata minus dapat muncul pada usia dini dan akan memburuk kondisinya pada usia remaja. Untuk itu perlunya cara memelihara kesehatan mata agar terhindar dari gangguan mata minus ini.


Apa penyebab Mata Minus ?


Berikut ini beberapa faktor yang dapat membuat mata minus.

- Faktor Keturunan

Orang dengan gangguan mata minus akan beresiko diturunkan pada generasi berikutnya.

- Stres Mata

Biasanya stres mata yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan resiko mata minus pada seseorang. Biasanya stres mata disebabkan oleh aktivitas yang membutuhkan penggunaan penglihatan yang dekat.

Gejala dan Tanda – tanda Mata Minus


- Pandangan mata mulai buram dan Kabur

Biasanya hal ini terjadi pada saat seseorang berusaha untuk melihat objek yang jaraknya jauh. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut orang akan menyipitkan mata secara terus menerus dan mendekatkan pandangannya dengan objek yang akan dilihat.

- Pusing atau Sakit Kepala

Orang yang memiliki gangguan mata minus dapat mengalami rasa pusing atau sakit kepala karena tingkat ketegangan mata yang berlebihan dan menimbulkan mata menjadi lelah. Hal yang menyebabkan sakit kepala ini adalah karena aliran darah yang tersumbat dan darah akan terhambat untuk mengalir ke bagian kepala.


- Penglihatan yang memburuk pada malam hari

Orang dengan gangguan mata minus akan kesulitan dalam melihat pada saat mengendarai kendaraan saat malam hari.

- Lebih Mendekat dengan Objek

Untuk penderita mata minus biasanya mereka akan lebih mendekatkan diri mereka dengan objek yang ingin dilihatnya. Misalnya seperti menonton tv dan membaca.

- Sering Berkedip dan Mengucek Mata

Biasanya hal ini seringkali dilakukan oleh orang yang menderita mata minus. Dengan tujuan untuk memperjelas penglihatan yang sebelmunya terlihat kabur. Padahal dengan mengucek mata akan memperburuk penglihatan dan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf mata.

Gejala mata minus dapat menjadi ukuran dan tanda tidak normalnya kadar gula darah pada seseorang yang menderita diabetes atau sebagai indikasi awal penyebab mata katarak. Untuk melakukan pengobatan mata minus, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui dan memahami gejala mata minus yang dialaminya. Pentingnya menjaga kesehatan mata, karena mata dapat dikatakan organ yang paling penting dalam melakukan aktivitas sehari – hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar